Solusi Ngorok




“Mendengkur dapat dikatakan sebagai sillent killer” 
Prof. Dr. Umar S Dharmabakti, SpTHT-KL (K). Pakar spesialis penyakit telinga, hidung dan tenggorok dari FKUI/RSCM.

Mendengkur atau ngorok acap kali dianggap sebagai kasus sepele, padahal gangguan tidur tersebut dapat memicu serangan stroke atau infark jantung.

Bahaya dari tidur mendengkur diantaranya adalah :
  • Menyebabkan timbulnya gangguan pada jantung. gagal jantung, penyumbatan pembuluh jantung koroner dan kematian dalam tidur. 10% dari pasien tidur mendengkur yang tidak ditangani serius mati saat tertidur.
  • Setengah dari orang yang tidur mendengkur mengalami hipertensi.
  • Memberi pengaruh buruk pada seluruh organ tubuh
  • Mengganggu daya ingat, penilaian, dan pengambilan keputusan.
  • Menurunkan libido seksual atau dorongan seksual dan menurunkan kemampuan seksual serta disfungsi ereksi.
  • Diasosiasikan dengan peradangan umum dalam tubuh dan dengan demikian meningkatkan radikal bebas.
  • Meningkatkan resiko terjadinya stroke dan meningkatkan resiko kematian pada pasien yang sudah terkena stroke.
  • Menyebabkan terhambatnya pertumbuhan organ seksual pada remaja

Mengapa mendengkur berbahaya?

Anda tentu sudah mengerti bahwa saat tidur bukan ditentukan oleh lamanya kita tertidur melainkan kualitas dari tidur itu sendiri. Kita bisa saja tidur selama 12 jam sehari, tetapi jika kita sering terjaga maka kita tidak akan pernah dapat mencapai level tidur terdalam. Akibatnya adalah :
  • Kita merasa lelah dan mengantuk pada siang hari
  • Sulit berkonsentrasi dan mengingat
  • Bangun tidur tanpa rasa segar, melainkan pusing dan bahkan kuping berdengung
  • Dan banyak penderitaan lainnya
Jika anda perhatikan, ketika mulai mendengkur, seseorang sebenarnya tengah kesulitan menghirup udara. Semakin sulit dia menghirup oksigen, semakin keras dengkuran yang dikeluarkannya. Dan pada akhirnya ketika dia sama sekali tidak dapat menghirup udara, suaranya berhenti, nafasnya pun berhenti. Kondisi berhenti bernafas ini bisa terjadi selama 10 - 60 detik.

Seorang yang mendengkur sulit untuk mendapat kualitas tidur yang sempurna karena otak akan selalu membuatnya terjaga untuk menghirup oksigen dan tertidur kembali tanpa disadari

Saat itulah otak mengirimkan sinyal agar sang pendengkur yang berhenti bernafas tersebut segera mengubah posisi tidurnya atau menggerakkan kepalanya untuk dapat menghirup udara kembali. Dan saat sinyal tersebut dikirimkan sesungguhnya orang tersebut terjaga dari tidurnya selama beberapa detik dan langsung tertidur kembali untuk selanjutnya mulai ngorok atau mendengkur kembali. Pengulangan fase dari mulai mendengkur hingga berhenti bernafas dapat terjadi berulang-ulang bahkan pada pendengkur yang hebat bisa mencapai 300 kali dalam 1 malam.

Jadi seorang yang mendengkur tidak mungkin mendapatkan kualitas tidur yang baik dan ini dapat menyebabkan dia mengidap SLEEP APNEA. Mungkin tidak saat itu, tetapi bisa jadi beberapa tahun kemudian ketika aktifitas geraknya sudah mulai berkurang akibat kesibukannya bekerja dan ketika usianya semakin bertambah.

Apa penyebab mendengkur ?

Mendengkur atau ngorok bisa disebabkan oleh sumbatan pada hidung yang disebabkan oleh alergi atau penyimpangan septum (ketika partisi antara hidung anda bengkok), sinusitas, dan lain-lain. Sumbatan dapat membatasi aliran udara melalui hidung. Hal ini akan memaksa anda untuk bernapas melalui mulut anda dimana terdapat jaringan lembut.

Dengan menggunakan alat bantu nasal penjepit hidung ini lubang udara pada hidung anda akan selaliu terbuka sehingga udara lebih mudah mengalir yang memungkinkan anda dapat bernafas secara normal dalam posisi terlentang sekalipun.

Mengapa demikian ?

Sebagaimana diketahui, tidur terlentang dapat menyebabkan jatuhnya anak lidah yang juga dapat mengakibatkan tertutupnya saluran pernafasan. Tetapi kalangan medis sendiri meyakini bahwa jatuhnya anak lidah bisa diakibatkan oleh kurangnya udara yang mengalir dari hidung yang dapat memberikan tekanan keatas.

Untuk mudahnya, anda bisa membayangkan kejadian ini seperti pada sebuah pipa yang terbuat dari karet lembut. ketika udara mengalir sempurna maka pipa tersebut menggelembung akibat tekanan udara dan dapat mengalirkan udara dengan lancar. Tetapi ketika udara yang masuk berkurang, pipa tersebut perlahan mulai menyusut sampai akhirnya tertutup sama sekali.

Jadi kecuali karena faktor genetik atau ras pada bagian rahang atau mulut, mendengkur dapat dicegah dengan menjaga kelancaran aliran udara dari hidung ke paru-paru.

Bagaimana cara mengatasi tidur mendengkur ?
  • Jangan minum alkohol atau obat penenang menjelang tidur
  • Kurangi berat badan
  • Ubah posisi tidur
  • Menggunakan alat bantu berhenti mendengkur
  • Berkonsultasi ke dokter THT untuk terapi bedah atau non-bedah

Klip Hidung Alat Anti Mendengkur

Bagi anda penderita tidur mendengkur atau mengorok, kini telah diciptakan sebuah alat sederhana dengan harga yang sangat murah yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan dengkuran saat tidur. Alat ini dikembangkan oleh para ahli kedokteran di Jepang dan kemudian diproduksi secara massal yaitu "Anti Mendengkur"

Klip hidung alat anti mendengkur atau disebut juga alat anti ngorok ini terbuat dari gel silikon yang aman serta mudah digunakan. Bukan hanya itu, alat ini juga sangat murah sehingga setiap orang dapat memilikinya. Alat ini bukan alat yang bekerja dengan menggunakan daya listrik seperti pada jam tangan anti ngorok atau gelang kesehatan anti mendengkur maupun liontin anti mendengkur yang berbahaya bagi penderita jantung.

Bagaimana alat anti mendengkur ini bekerja ?

Alat ini bekerja dengan memperbesar dan menahan (mengganjal) saluran udara pada hidung sehingga bisa dimasuki lebih banyak oksigen. Dengan cukupnya oksigen yang dapat masuk melalui hidung, maka dengan sendirinya suplay oksigen ke otak tercukupi dan otak anda tidak akan memerintahkan mulut anda untuk menghisap udara. Akibatnya, suara mendengkur tidak akan tercipta.

Terbuat dari bahan apa alat anti mendengkur ini ?

Klip anti mendengkur atau disebut juga alat anti ngorok terbuat dari bahan silikon standar FDA Jepang dan FDA Amerika yang lembut dan aman bagi manusia.

Bagaimana cara menggunakan klip anti mendengkur ini ?

Cara penggunaannya alat ini sangat mudah, anda cukup memasukan alat ini kedalam rongga hidung anda sebelum tidur (lihat gambar diatas), dan setelah itu oksigen segera mengalir dengan lancar melalui kedua rongga hidung anda ketika anda tertidur.

Apakah klip anti mendengkur ini berbahaya ?

Tidak, alat anti mendengkur ini sama sekali tidak berbahaya karena terbuat dari silikon standar FDA beberapa negara besar yang biasa digunakan dikalangan medis dan sudah teruji untuk aman digunakan untuk pemakaian harian.

Klip anti mendengkur juga tidak akan putus dan masuk kelubang hidung anda jika digunakan dan dirawat secara normal. Bahan dibuat dengan ketebalan dan kelenturan yang sangat baik sehingga tidak mudah putus kecuali dengan menggunakan benda tajam atau ditarik dengan kekuatan penuh.

Apakah klip anti mendengkur ini pasti menyembuhkan suara mendengkur ?

Klip ini bukan obat, klip ini tidak menyembuhkan melainkan hanya menghilangkan atau memperhalus suara mendengkur dengan cara melebarkan saluran udara sehingga pasokan oksigen ke paru-paru terjamin. Ketika digunakan. Saat alat ini dilepas, pemakai akan mendengkur kembali.

Dari hasil ujicoba sendiri yang kami lakukan dengan 10 orang sukarelawan kami yang kebetulan tidurnya mendengkur, 7 orang mengatakan istri mereka menyatakan tidak mendengar suara dengkuran, 3 orang mengatakan masih mendengar tetapi jauh lebih pelan dari normal. Tetapi semuanya mengatakan suami mereka tidak tiba-tiba berhenti bernafas ketika tidur.

Bagaimana cara membersihkan klip anti mendengkur ?

Alat ini dapat dibersihkan dengan cara dicuci dengan air hangat setelah digunakan atau menggunakan alkohol 70% - 90%. Hindari penggunaan minyak/bensin atau detergen yang dapat meninggalkan bahan kimia atau merusak alat ini.

Berapa lama klip anti mendengkur ini dapat digunakan ?

Jika dipergunakan normal dan disimpan pada suhu ruang, alat anti mendengkur ini dapat dipergunakan sampai dengan 1 tahun. Apabila kerena terkena panas, minyak, atau kotoran yang meninggalkan bekas, sebaiknya alat ini segera diganti dengan yang baru.

Bagaimana cara penyimpanan klip anti mendengkur ?

Alat anti mendengkur atau disebut juga alat anti ngorok ini dilengkapi dengan tempat dengan cermin kecil untuk memudahkan anda menyimpan atau membawanya kemanapun.

Apalagi yang perlu diketahui sebelum menggunakan alat ini ?

Alat anti mendengkur atau disebut juga alat anti ngorok ini tidak boleh digunakan jika seseorang dengan menderita flu atau hidung tersumbat agar tidak terjadi iritasi.

Jika anda perduli kesehatan anda dan orang yang anda sayangi, kami menganjurkan agar anda mulai mencoba alat ini. Selain harganya juga sangat murah, alat ini sudah digunakan oleh jutaan orang diberbagai negara. Jadi jika anda tidur mendengkur, saya rasa tidak ada salahnya anda mencoba atau mungkin anda ingin menunggu sampai anda merasakan apa yang dirasakan seorang pendengkur yang sudah mengalami gejala Sleep Apnea.

==========================================
Harga : Rp45.000,- (belum termasuk ongkir)
Cara Pemesanan:
- SMS nama terang, alamat lengkap dan kode pos serta nama bank ke 081914044447
- Akan ada SMS balasan mengenai jumlah uang yg harus ditransfer via BCA atau Mandiri.
-Setelah transfer jangan lupa utk SMS konfirmasi.
-Barang akan dikirim sehari setelah pembayaran diterima via TIKI JNE
-Pengiriman hanya dilakukan pada hari kerja. Kami tidak melakukan pengiriman di akhir pekan (Sabtu dan Minggu)
==========================================

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons