Trik Mengingat Nama Dengan Mudah




Tidak semua orang bisa mengingat nama. Anda mungkin pernah berada dalam situasi di mana Anda melihat wajah yang familier berjalan ke arah Anda, tetapi Anda tidak bisa mengingat namanya. Simak beberapa tips di bawah ini yang dapat membantu Anda mengingat nama dengan mudah.
  • Mendengarkan dengan penuh perhatian. Setiap kali diperkenalkan kepada seseorang, jaga pikiran Anda pada saat itu. Dengarkan namanya dengan saksama dan berkonsentrasi pada wajahnya. Jangan melihat pakaian seseorang atau perhiasannya. Jika Anda tidak mendengar dengan jelas, minta dia untuk mengulang namanya sekali lagi.
  • Cari hubungan. Orang yang diperkenalkan mungkin ia adalah seorang dokter, seorang ibu dari lima anak, atau penderita kanker. Hubungkan informasi tentang orang tersebut dengan namanya. Informasi tersebut dapat kita dapatkan selama percakapan atau dari orang lain.
  • Setiap kali mendengar sebuah nama disebut, cobalah untuk melihat ke wajah orang tersebut. Jika Anda berada dalam kelompok besar, setiap kali nama orang disebutkan, lihat orang itu sehingga Anda dapat menghubungkan nama dengan wajahnya.
  • Ulangi nama. Selama percakapan dengan orang yang baru diperkenalkan, gunakan namanya sesekali. Jika percakapan pendek sekali sudah cukup. Tapi jika percakapannya lama, ulangi namanya dua atau tiga kali. Namun jangan menggunakan namanya dalam setiap kalimat.
  • Ulangi nama orang baru tersebut kepada orang lain. Anda dapat memberitahu teman atau anggota keluarga kalau tadi Anda berkenalan dengan, misalnya, Ana Mardianan di sebuah pesta. Jelaskan sedikit tentang Ana. Tentu saja teman Anda mungkin tidak peduli dengan informasi ini. Tapi ini merupakan latihan bagi Anda untuk mengingat nama orang.
  • Hubungkan orang tersebut ke tokoh populer. Orang yang Anda baru diperkenalkan itu mungkin saja memiliki nama yang sama dengan tokoh sejarah, politik atau selebriti. Gunakan hubungan ini untuk mengingat namanya. Sebagai contoh, jika namanya Andy dan dia berkumis, hubungkan dengan Andy Mallarangeng.
  • Cari atribut fisik membedakan. Lihat apa yang membuat orang tersebut berbeda dari yang lain. Apakah matanya? Bentuk hidungnya? Tato di lehernya? Gunakan atribut fisik untuk membantu Anda mengingat orang dengan namanya.
  • Tulis nama orang tersebut. Jika Anda benar-benar buruk mengingat nama, tulislah. Tentu saja jangan lakukan ini di depan orang. Tapi saat ada kesempatan, segera tuliskan namanya dan beberapa informasi pada ponsel Anda. Ini akan membantu Anda mengingat namanya nanti.
  • Manfaatkan kekuatan Internet. Jika Anda bertemu dengan seseorang dalam suatu acara atau pesta, biasanya foto-foto acara tersebut akan di upload ke situs jejaring sosial seperti Facebook. Jika Anda memiliki account, login dan memeriksa gambar dari acara tersebut. Orang yang Anda temui mungkin ada di salah satu foto dan jika Anda beruntung, dia akan diberi tag juga.
So, tidak ada alasan untuk tidak mengingat nama seseorang jika Anda benar-benar mau. Kadang-kadang, orang hanya tidak membayar dengan perhatian yang cukup. Coba strategi di atas jika Anda tahu bahwa Anda sulit mengingat antara nama dengan wajah. Anda pasti ingin diingat juga dengan nama dan wajah sendiri.khan....

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons