10 Kecelakaan Termahal Dalam Sejarah


# 10. Titanic - $ 150 Juta
Tenggelamnya kapal Titanic mungkin merupakan kecelakaan paling terkenal di dunia sekaligus masuk dalam daftar termahal. Pada tanggal 15 April 1912, Titanic tenggelam pada pelayaran perdananya dan dianggap sebagai kapal laut paling mewah yang pernah dibangun. Lebih dari 1.500 orang kehilangan nyawa mereka ketika kapal menabrak gunung es dan tenggelam di perairan dingin. Kapal menelan biaya $ 7 juta untuk membangunnya ($ 150 juta dolar hari ini).

# 9. Tanker Truck vs Bridge - $ 358 Juta
Pada tanggal 26 Agustus 2004, sebuah mobil bertabrakan dengan sebuah truk tangki berisi 32.000 liter bahan bakar di Jembatan Wiehltal di Jerman. Truk tanker menerobos pagar pembatas dan jatuh 90 kaki dari Autobahn A4 mengakibatkan ledakan besar dan api yang menghancurkan kemampuan dukung beban jembatan. Perbaikan sementara biaya $ 40 juta dan biaya untuk mengganti jembatan diperkirakan pada $ 318 Juta.

# 8. Metrolink Crash - $ 500 Juta
Pada tanggal 12 September 2008 terjadi salah satu kecelakaan kereta api terburuk dalam sejarah California, 25 orang tewas ketika kereta komuter Metrolink bertabrakan dengan kereta barang Union Pacific di Los Angeles. Tuntutan hukum menyebabkan kerugian $ 500 juta atas Metrolink.

# 7. B-2 Bomber Crash - $ 1,4 Miliar
Di sini kita masuk pada kecelakaan yang menelan biaya milyaran dolar. Inilah pesawat pembom B-2 siluman yang jatuh setelah lepas landas dari sebuah pangkalan udara di Guam pada 23 Februari 2008. Penyidik menyalahkan adanya distorsi data di komputer kontrol penerbangan yang disebabkan oleh kelembaban dalam sistem. Untunglah dua pilot pesawt ini mampu lepas dari maut.

# 6. Exxon Valdez - $ 2,5 Miliar
Tumpahan minyak Exxon Valdez bukanlah yang terbesar di dunia dalam kaitannya dengan tumpahan minyak , tapi jadi yang paling mahal karena lokasi yang jauh yang hanya dapat diakses oleh helikopter dan kapal. Pada tanggal 24 Maret 1989 10,8 juta galon minyak tumpah ke laut ketika nahkoda, Joseph Hazelwood, kehilangan kontrol yang mengakibatkan kapal menabrak sebuah karang. Biaya pembersihan menelan $ 2,5 miliar.

# 5. Piper Alpha Oil Rig - $ 3,4 Miliar
Inilah bencana minyak lepas pantai yang terburuk dalam sejarah. Pada tanggal 6 Juli 1988, sebagai bagian dari perawatan rutin, teknisi membuang dan memeriksa katup pengaman penting untuk mencegah berbahaya penumpukan gas cair. Ada 100 katup pengaman yang diperiksa. Sayangnya, para teknisi melakukan kesalahan dan lupa untuk mengganti salah satu dari mereka. Pukul 10 malam, seorang teknisi menekan tombol start untuk memompa gas cair dan dimulailah kecelakaan minyak lepas pantai yang paling mahal di dunia. Dalam waktu 2 jam, platform setinggi 300 kaki itu dilalap si jago merah api yang akhirnya runtuh, membunuh 167 pekerja dan meninggalkan kerusakan sebesar $ 3,4 Miliar.

# 4. Challenger Explosion - $ 5,5 Miliar
Space Shuttle Challenger meledak, 73 detik setelah lepas landas pada tanggal 28 Januari 1986. Biaya penggantian Space Shuttle $ 2 miliar pada tahun 1986 ($ 4,5 miliar dolar hari ini). Biaya investigasi, koreksi masalah, dan penggantian peralatan yang hilang biaya $ 450 juta pada tahun 1986-1987 ($ 1 Miliar dalam dolar hari ini ').

# 3. Tumpahan Minyak Prestige - $ 12 Miliar
Pada tanggal 13 November 2002, kapal tanker minyak Prestige yang membawa 77.000 ton bahan bakar minyak dihantam badai di Galicia-Spanyol yang membuat salah satu dari dua belas tangki meledak. Khawatir kapal akan tenggelam, kapten meminta bantuan dari tim penyelamat Spanyol, mengharapkan mereka menarik kapal tersebut ke pelabuhan. Namun, tekanan dari pemerintah setempat memaksa kapten untuk mengarahkan kapal menjauh dari wilayah Spanyol. Kapten mencoba untuk mendapatkan bantuan dari pihak berwenang Prancis dan Portugis, tetapi mereka juga memerintahkan kapal jauh dari daerah mereka. Badai akhirnya mengakibatkan kapal tanker terbelah dua dan melepaskan 20 juta galon minyak ke laut. Menurut sebuah laporan oleh Dewan Economist Pontevedra, pembersihan menghabiskan total biaya $ 12 miliar.

# 2. Space Shuttle Columbia - $ 13 Miliar
Space Shuttle Columbia adalah pesawat luar angkasa NASA yang hancur saat masuk kembali ke atmosfer di atas Texas pada tanggal 1 Februari 2003. Biaya asli shuttle adalah $ 2 Miliar pada tahun 1978. Bila di-kurs-kan saat ini $ 6,3 Miliar dolar. $ 500,000,000 telah dikeluarkan untuk penyidikan, sehingga membuat ini penyelidikan kecelakaan pesawat yang termahal dalam sejarah. Pencarian dan pemulihan puing biaya $ 300 juta. Akhirnya, total biaya kecelakaan (tidak termasuk penggantian shuttle) $ 13 Miliar menurut American Institute of Aeronautics dan Astronautics .

# 1. Chernobyl - $ 200 Miliar
Pada tanggal 26 April 1986, dunia menyaksikan kecelakaan paling mahal dalam sejarah. Bencana Chernobyl telah disebut sebagai bencana sosial-ekonomi terbesar dalam sejarah di masa damai. 50% dari luas wilayah Ukraina terkontaminasi. Lebih dari 200.000 orang harus diungsikan, sementara 1,7 juta orang secara langsung terkena dampak bencana. Korban tewas disebabkan Chernobyl, termasuk orang-orang yang meninggal karena kanker beberapa tahun kemudian, diperkirakan 125.000. Total biaya termasuk pembersihan, pemukiman kembali, dan kompensasi kepada para korban telah diperkirakan sekitar $ 200 Miliar. Biaya tempat penampungan baja baru untuk pabrik nuklir Chernobyl hanya menelan biaya $ 2 miliar saja. Kecelakaan itu secara resmi dikaitkan dengan operator pembangkit yang melanggar prosedur pabrik dan tidak mengetahui persyaratan keselamatan yang diperlukan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons